SELAMAT DATANG DI MAJALAH KREATIFITAS DAN BERKARYA SMK PGRI SAMPIT

Senin, 16 April 2012

Gerhana Matahari Memperlihatkan Fenomena Langit, Bencana Besar Akan Menimpa Manusia

Belakangan ini, dalam laporan media dan internet daratan China sering terlihat: sejak awal tahun 2007 selama enam tahun berturut-turut China akan menjadi negara yang frekuensi gerhana matahari paling sering terjadi, dan pada tanggal 22 Juli tahun ini gerhana matahari total yang terjadi melintasi aliran Sungai Yangtze, karena waktunya panjang maka ia disebut "raksasa" gerhana matahari total. Munculnya fenomena astronomi yang menggemparkan ini, menarik perhatian besar masyarakat dunia.
Gerhana matahari adalah sebuah fenomena astronomi aneh. Teman-teman yang akrab dengan astronomi semua tahu bahwa antara tiga planet bumi, bulan dan matahari memiliki sebuah hubungan yang khusus. Bulan bergerak mengelilingi bumi, bumi di samping berotasi juga mengelilingi matahari. Diameter matahari adalah 395 kali diameter bulan, dan jarak antara matahari dari bumi adalah 395 kali jarak bulan ke bumi. Maka, berdiri di atas bumi, matahari yang besar dan jauh serta bulan yang kecil dan dekat, bayangan bundar yang tertampak adalah sama besar. Ketika bulan mengorbit di antara bumi dan matahari, ketika bayangan hitam dari bulan yang jatuh ke bumi dan bayangan merah matahari yang jatuh ke bumi saling tindih makan akan terjadi gerhana matahari; ketika kedua bayangan tersebut persis bertumpukan, maka akan terjadi gerhana matahari total. Bentuk dan kebetulan yang sangat indah ini, adalah maha karya dari Sang Pencipta!
Dari tahun 2007 sampai 2012, di atas langit China akan muncul enam kali gerhana matahari: 19 Maret 2007 gerhana matahari sebagian, 1 Agustus 2008 gerhana matahari total, 26 Januari, 2009 (1 Januari kalender Lunar) terjadi gerhana matahari cincin, 22 Juli 2009 gerhana matahari total, 15 Januari 2010 (1 Januari kalender Lunar) gerhana matahari cincin dan 21 Mei 2012 gerhana matahari cincin. Frekuensi gerhana matahari yang sering ini sangat langka.
Yang lebih jarang adalah bahwa dalam kurang waktu tidak sampai satu tahun (1 Agustus 2008 -22 Juli 2009), di langit China muncul dua kali gerhana matahari total, hal ini dalam sejarah astronomi dalam periode 300 tahun baru bisa ketemu satu kali; dan gerhana matahari total 22 Juli 2009 berlangsung selama 6 menit dan 39 detik, menjadi gerhana matahari total yang paling panjang selama 2132 tahun.
Mengapa sangat jarang terjadi, dan baru akan terjadi dalam kurun waktu tiga ratus tahun sekali, keajaiban astronomi yang terjadi dua ribu tahun sekali telah diperlihatkan kepada kita pada saat ini? Mengapa dua kali gerhana matahari total terjadi di hari pertama Tahun Baru China, dan dua kali gerhanam matahari total terjadi pada 1 Agustus 2008 dan 22 Juli 2009 itu tidak biasa? Mengapa yang disebut "raksasa" dari setiap gerhana matahari total muncul membuat komunis China tegang dan ketakutan? Asal kita sedikit memahami prinsip "Kesatuan langit dan manusia” kita akan percaya bahwa fenomena ajaib ini pasti Sang Pencipta sedang memperingatkan kepada manusia di dunia!

Gerhana Matahari Muncul Peringatan bagi Manusia

Pengamatan dari gerhana matahari di China memilik sejarah hampir 4.000 tahun, memiliki catatan gerhana matahari tertua dan paling lengkap. Karena massa sebelum dan sesudah munculnya gerhana matahari total, gerhana matahari cincin selalu ada bencana yang mendadak terjadi, oleh sebab itu dalam sejarah setiap dinasti dan massa penelitian terhadap terjadinya gerhana matahari mendapat perhatian khusus. Dalam buku sejarah sudah menggunakan fenomena bencana "Yin menyerang Yang" untuk mengevaluasi catatan gerhana matahari; dalam masyarakat dahulu sudah beredar dongeng “anjing langit makan matahari" atau "anjing langit menindas matahari" untuk melukiskan bencana.
Dalam statistik sejarah, persentase terjedinya kekacauan dan peperangan pada tahun-tahun terjadinya gerhana matahari adalah 95%, persentase terjadinya bencana alam adalah di atas 95% (hampir 100%). Pada akhir-akhir ini, gerhana matahari total dan cincin yang berkonsentrasi terjadi di China ada 4, masa di antaranya ada bencana besar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar