SELAMAT DATANG DI MAJALAH KREATIFITAS DAN BERKARYA SMK PGRI SAMPIT

Senin, 16 April 2012

Pendiri Google : Kebebasan Mengakses Internet Terancam

LONDON - Prinsip keterbukaaan dan kebebasan akses secara universal yang muncul dari perkembangan internet tengah menghadapi ancaman terbesar. Masih ingat bagaimana China dan Iran membatasi akses internet kepada rakyatnya? Mungkin untuk beberapa tahun ke depan banyak negara akan melakukan hal serupa bagi rakyatnya.

Seperti diwartakan Reuters (16/4/2012), salah satu pendiri Google, Sergey Brin mengatakan ancaman atas kebebasan internet berasal dari beberapa faktor, termasuk upaya peningkatan oleh pemerintah untuk mengontrol akses dan komunikasi rakyatnya.

Brin mengatakan, upaya yang dilakukan industri hiburan untuk mengahadapi aksi pembajakan dan munculnya Facebook serta Apple salah satu dengan pembatasan lebih jauh di internet. Maklum, Facebook dan Apple diketahui secara penuh mengontrol setiap software yang dilepas untuk platform mereka.

"Ada kekuatan yang sangat kuat yang berderet terhadap kebebasan menggunakan internet di semua sisi dan dunia. Saya lebih khawatir dari masa lalu dan saat ini menakutkan," jelas Brin.

Lebih jauh, ia mengakui sangat prihatin dengan upaya negara-negara seperti China, Arab Saudi dan Iran untuk menyensor dan membatasi pengguna internet.

Brin juga mengingatkan, kontrol Facebook dan Apple kepada para pengguna justru mempertaruhkan inovasi serta mengkerdilkan bagi pengembangan web.

Sebelumnya di Iran, Google diblokir dan pihak pemerintah setempat membuat layanan pencari online yang diberi nama Iran Search Engine. Google termasuk daftar hitam yang dilarang diakses bagi rakyatnya. sumber Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar