SELAMAT DATANG DI MAJALAH KREATIFITAS DAN BERKARYA SMK PGRI SAMPIT

Rabu, 30 Mei 2012

Belajar jaringan Komputer

Sebelumya mari kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer . Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memory, harddisk. Komunikasi: contohnya e-mail/ surat elektronik,instans messaging,chatting. Akses informasi: contohnya web browsing . Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan ( service ). Pihak yang meminta layanan disebut klien ( client ) dan yang memberikan layanan disebut pelayan ( server ).
Nah yang dimksud dengan perangkat jaringan lainnya tersebut misalnya switch,router,dll yang mungkin harganya terlalu mahal untuk ukuran pembelajaran pribadi, sebagai penggantinya yang kita butuhkan disini hanylah sebuah software untuk simulasi jaringan komputer. Software simulasi tersebut bernama packet Tracer.
Download Tulisan Lengkap: Belajar jaringan Komputer

Related Articles

  1. Teknologi Jaringan Komputer
  2. Tutorial Komputer dan Jaringan
  3. Mengenal Jaringan Komputer
  4. Membangun Jaringan Komputer Berbasis Multipoint Dengan Memanfaatkan Switch
  5. Penggunaan Firewall Untuk Menjaga Keamanan Sistem Jaringan Komputer
  6. Monitor Jaringan dengan Look@LAN
  7. Distributed Programming dengan Python
  8. Komputer 10 GHz
  9. Belajar Membuat Website
  10. Desain dan konfigurasi VoIP dan Data pada Jaringan Frame Relay

Sabtu, 26 Mei 2012

Sekilas Tentang Astronomi

Meski samar dalam ingatan, tapi saya masih bisa mengingat kilasan kejadian di masa kecil tersebut. Kala itu masih siang, dan meski samar saya ingat kejadian hari itu ketika saya diminta masuk dalam kamar dan tidak boleh keluar rumah.
GMT
Seluruh jendela ditutup dan saya dilarang menengok keluar. Kala itu saya hanya ingat dibilang bahwa sedang terjadi sebuah fenomena alam yang namanya gerhana Matahari dan jika kita berada di luar dan melihat fenomena tersebut maka mata akan menjadi buta.
Bertahun-tahun berlalu dan cerita yang samar terlintas dalam benak rupanya merupakan hari terburuk dalam sejarah astronomi negeri ini. Cerita memalukan yang terjadi pada saat Gerhana Matahari Total 11 Juni 1983.  Pada saat gerhana matahari total melewati Jawa dan Sumatera tersebut berlangsung, ilmuwan-ilmuwan dari berbagai negara beserta kelompok-kelompok pengejar Gerhana berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut. Namun, sejam sebelum gerhana terjadi ada perintah dari Presiden melalui Menteri Penerangan Harmoko bahwa rakyat tidak boleh keluar rumah dan melihat gerhana karena bisa membutakan. Akibatnya, masyarakat ketakutan dan mengurung diri di dalam rumah dan melewatkan kesempatan langkan yang mungkin cuma bisa dinikmati sekali seumur hidup.
Kisah itu mungkin sudah dilupakan atau bahkan banyak yang tidak pernah mengetahuinya. Tapi bertahun-tahun kemudian di saat saya kemudian kuliah dan pada akhirnya “nyemplung” dalam dunia komunikasi sains, kisah lama inilah yang juga menjadi alasan mengapa astronomi perlu diperkenalkan pada masyarakat. Walaupun tak pelak timbul pertanyaan yang berulang kali muncul dan mungkin sering ditemui oleh mahasiswa baru yang memilih kuliah di Astronomi. “mengapa kuliah di astronomi? Apa itu astronomi? Kalau lulus kerjanya apa? dan Ngapain sih belajar astronomi?”
Hipparchus
Astronomi, ilmu yang satu ini memang tampak jauh di langit padahal dalam kenyataannya ia berada begitu dekat dengan kita. Saya pun tidak benar-benar menyadarinya sampai ketika saya belajar ilmu yang satu ini. Dulu, saat masih di SD kalau ditanya cita-cita sih jawabnya ingin jadi astronot, terbang ke luar angkasa karena terlihat keren. Tapi sampai saya SMA, secara spesifik ilmu astronomi ini sama sekali tidak dikenal. Yang diketahui hanya Tata Surya yang jadi bagian dari Ilmu Alam dalam hal ini Fisika dan kadang jadi bagian dari Geografi.
Jadi tidak mengherankan kalau ada pertanyaan apa itu astronomi? Untuk apa belajar astronomi? apa perlunya dll.
Astronomi berasal dari kata astro yang artinya bintang dan nomos yang berarti hukum. Secara sederhana astronomi bisa diartikan sebagai hukum bintang ( dalam hal ini benda-benda langit).  Secara luas, astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari benda-benda langit dan fenomena yang berasal dari luar atmosfir bumi.
Lantas apa perlunya belajar astronomi?
Astronomi merupakan sebuah bidang ilmu yang sangat luas karena ia mempelajari alam semesta dan cara kerja seluruh isi alam semesta baik secara mandiri maupun berkelompok. Dan kita manusia hidup di dalamnya. Setidaknya, sebagai penghuni alam ini kita juga tahu seperti apa rumah (bumi) kita serta lingkungan di sekitarnya.  Dengan mempelajari dan memahami alam semesta, manusia jadi memahami bagaimana alam semesta ini dimulai, bagaimana ia berevolusi dan bagaimana nasibnya kelak.
Tapi tak hanya itu. Astronomi yang bagi masyarakat awam merupakan ilmu yang mengawang-awang sebenarnya merupakan ilmu yang sangat dekat dengan keseharian manusia. Astronomi bisa dikatakan menjadi bagian dari perkembangan budaya dan kemanusiaan itu sendiri. Di masa kini, manusia mungkin hanya melihat bahwa astronomi terkait kehidupan sehari-hari hanya berlaku di kala menjelang puasa dan lebaran. Saat para alim ulama dan pemerintah sibuk menghitung kapan hilal akan tampak. Dan setelah itu astronomi seperti hilang di telan waktu dan baru akan diingat dan dikenal saat ada fenomena alam seperti hujan meteor, tabrakan meteor, penemuan planet dll.
Padahal astronomi itu merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Tak percaya? Simak sejenak yuk.
Astronomi dalam kehidupan sehari-hari
Coba tengok kalender  di rumahmu. Dari mana asal mula kalender tersebut bisa terbentuk?  Tahukah kamu perhitungan kalender itu merupakan hasil dari pengamatan gerak benda langit? Dalam hal ini tentunya gerak Matahari dan Bulan. Perkembangan zaman memang tidak lagi membuat manusia harus menengok Matahari untuk menentukan waktu namun dasar dari perhitungan kalender dan waktu berasal dari gerak benda-benda langit.  Dan yang sampai sekarang masih “terlihat” digunakan adalah pengamatan hilal untuk penentuan awal Ramadhan dan awal Syawal yang merupakan bagian dari penentuan kalender Hijriah.
Kaitan astronomi dalam kehidupan sehari-hari juga tak lepas dari fenomena alam. Siang dan malam bisa terjadi disebabkan oleh perputaran Bumi pada porosnya. Interaksi Bumi-Bulan juga menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan.
Lanjut kepada penjelajah lautan. Para pelaut di masa lalu bisa menentukan arah perahu dan kapalnya dengan menggunakan    rasi bintang sebagai petunjuk arah. Dan bukan hanya masyarakat maritim yang mengenal rasi bintang sebagai navigasi. Masyarakat agraris juga pada dasarnya menggunakan  benda langit sebagai penentu musim bercocok tanam.
Sejarah Astronomi
Di Indonesia, saat belum ada kalender, masyarakat setempat telah menggunakan perbintangan untuk menentukan siang dan malam, pasang surut air laut, berbunga dan berbuahnya tanaman, maupun migrasi dan pembiakan hewan. Bagi mereka gejala alam adalah cerminan lintasan waktu. Masyarakat di masa itu juga menentukan saat menanam dengan menggunakan bambu yang diisi air untuk mengukur ketinggian bintang. Pada posisi tertentu mereka akan bisa mengetahui apakah sudah saatnya memulai bercocok tanam atau belum.
Masyarakat masa kini mungkin sudah tidak lagi mengenal itu semua karena kemudahan teknologi. Untuk menentukan arah tinggal aktifkan GPS. Tapi apakah ini berarti dasar-dasar pengetahuan harus ditinggalkan? Jawabannya tentu tidak. Teknologi tidak akan pernah bisa berkembang kalau manusia tidak pernah memahami dasar-dasar pengetahuan.
Namun lagi-lagi, semua itu tidak akan bisa tercapai kalau tidak ada pemahaman dasar yang benar tentang astronomi. Fenomena yang muncul, selain kesadaran bahwa astronomi merupakan bagian kehidupan sehari-hari yang masih kurang, informasi dan pengetahuan yang benar mengenai astronomi juga masih sangat kurang di dalam masyarakat. Ada banyak kesalahan informasi yang kemudian menimbulkan kepanikan seperti halnya kisah di awal tulisan ini.  Jika pendidikan dasar diberikan dengan benar dan pemahaman bisa tercapai maka kekuatiran seperti yang sempat terjadi di tahun 1983 maupun di masa sekarang saat Matahari kembali aktif dan melontarkan flare-nya tidak perlu terjadi.
Jadi, kalau kita bertanya perlukah belajar astronomi? Jawabannya jelas Perlu. Tapi ini bukan hanya berlaku untuk astronomi melainkan untuk semua bidang ilmu karena pada dasarnya seluruh ilmu pengetahuan itu terintegrasi dalam kehidupan manusia dari hari lepas hari, meskipun mungkin manusia tidak pernah menyadarinya. Astronomi juga tidak bisa berdiri sendiri sebagai ilmu tunggal.
Untuk memahami alam semesta ini dibutuhkan pemahaman dari bidang ilmu lainnya seperti matematika dan fisika yang memang menjadi bagian penting dalam mempelajari alam semesta dan isinya. Tak hanya itu, astronomi juga terkait erat dengan biologi dan kimia dalam mempelajari kemungkinan perkembangan kehidupan di ruang angkasa dan reaksi senyawa-senyawa kimia di sebuah planet dan bintang. Pemahaman geologi juga dibutuhkan untuk bisa menjelaskan aktivitas vulkanik dan tektonik yang terjadi di benda-benda langit.
Dan yang mengkin agak sedikit membuat anda mengerutkan dahi adalah, astronomi punya kaitan erat dengan sejarah perkembangan budaya di dunia. Kok bisa? Selama berabad-abad, masyarakat yang kehidupannya dilandaskan dengan melihat pergerakan benda-benda langit ternyata juga menuangkan aktivitas mereka dalam bangunan-bangunan bersejarah seperti candi, piramida, lempengan batu, gambar-gambar yang dituangkan di dinding candi  dll. Disinilah peran para ahli sejarah dan juga arkeolog untuk bisa mengartikan pesan yang ditinggalkan dan astronom akan ambil bagian untuk melihat keterkaitan benda-benda tersebut dengan aktivitas masyarakat dan langit. Contohnya: candi borobudur.
Sampai disini mungkin ada yang bertanya, apa gunanya mempelajari itu semua? Toh sudah ada kalender, ada GPS, ada berbagai perangkat yang mempermudah.
Jawabannya sederhana, dengan mempelajari alam semesta dan isinya serta memahami hal-hal sederhana seperti gerak benda langit akan membawa manusia untuk bisa memahami eksistensi diri dan keberadaannya kalau ia hanyalah debu di alas kaki Tuhan.

Fosil Dinosaurus Berlengan Kecil Ditemukan di Argentina

Palaentolog dari Argentina menemukan fosil tulang-belulang hewan yang hampir utuh dari spesies dinosaurus yang berdiri dengan kaki belakang dan memiliki lengan yang kecil.
Menurut ilmuwan, dinosaurus tersebut termasuk famili Abelisaurus. Golongan dinosaurus tersebut merupakan yang paling umum dijumpai di belahan selatan Bumi pada masa Cretaceous, 70.000-100.000 tahun yang lalu.

"Meskipun demikian, fosil yang kami temukan berasal dari masa 170 juta tahun lalu, dari periode Jurrasic," kata Diego Pol, palaentolog yang menemukan fosil ini seperti dikutip AFP, Jumat (25/5/2012).

Ilmuwan mengungkapkan, dinosaurus yang ditemukan memiliki kemiripan dengan Tyranosaurus rex, tetapi memiliki lengan yang lebih kecil. Jenis dinosaurus yang ditemukan memiliki nama spesies Eoabelisaurus mefi.

Eoabelisaurus mefi ditemukan di Condor Hill, wilayah Chubut, 1.800 km dari kota Buenos Aires di Argentina. Fosil ditemukan selama penggalian oleh tim Edigio Feruglio Museum of Paleontology di Chubut pada tahun 2009.

Abelisaurus hanya ditemukan di belahan selatan wilayah Bumi. Diduga, gurun yang ada di benua purba Pangaea menjadi penghalang persebaran golongan dinosaurus ini.

Argentina menjadi tempat perburuan fosil dinosaurus. Di Argentina, pernah ditemukan fosil Argentinosaurus huinculensis, herbivora raksasa yang panjangnya mencapai 40 meter dan hidup 98 juta tahun lalu. Selain itu, pada tahun 1993 ditemukan Giganotosaurus carolinii yang merupakan dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan.

Penemuan Eoabelisaurus mefi dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society of London.

Jumat, 25 Mei 2012

Katak Borneo Baru Ditemukan

Berita News Tim kreatifitas smk pgri sampit — Ilmuwan dari Universiti Sarawak Malaysia, Indraneil Das, menemukan spesies baru katak Borneo.

Katak tersebut berukuran hanya 4-5 sentimeter. Katak itu pertama kali ditemukan dalam ekspedisi ke Gunung Sinai, wilayah Sarawak, Malaysia, pada 2010. Spesies katak yang sama lalu ditemukan juga di Kubah National Park.

Saat ini, proses publikasi sedang dilakukan. Hasil temuan Das tengah ditinjau ulang.

Das menemukan jenis katak tersebut di lantai hutan yang tertutup dedaunan kering. Habitat katak yang seperti tersembunyi, kata Das, membuat katak ini mungkin belum ditemukan sebelumnya.

"Adalah suara katak ini yang sangat unik. Suaranya memiliki nada yang tinggi, keras, dan berulang-ulang," kata Das seperti dikutip AFP, Jumat (18/5/2012).

Selain jenis katak ini, Das juga mengaku menemukan beberapa jenis katak lain. Ia tengah mengidentifikasi jenis lain tersebut. Ia berharap dapat memublikasikan untuk bisa menunjukkan kekayaan Borneo.

Sebelumnya, Das menemukan kodok berkaki kurus dan kodok pelangi Borneo yang hampir tak ditemukan selama 90 tahun. Das juga menemukan katak terkecil yang cuma sebesar biji kacang polong.

Borneo merupakan salah satu pusat biodiversitas dunia. Wilayah ini mencakup wilayah Indonesia, Brunei, dan Malaysia.

Senin, 14 Mei 2012

Tahun 2012 Diprediksi Jadi Tahun dengan Suhu Terpanas Sejak 1850

London Tahun 2012 diperkirakan akan menjadi salah satu tahun dengan suhu terpanas sejak tahun 1850. Suhu global pada tahun kabisat ini diprediksi akan meningkat sekitar setengah derajat Celcius dari suhu rata-rata, yakni 14 derajat Celcius.


24 Mei Pengumuman Unas SMA

24 Mei Pengumuman Unas SMA
ilustrasi (wartaaceh.com)

SAMPIT – Jadwal pengumuman ujian nasional (Unas) tingkat SMA/MS/SMK mengalami perubahan.  Jika mengacu prosedur operasional standar (POS) yang dibuat pemerintah pusat, pengumuman dilaksanakan 26 Mei,maka dimajukan menjadi 24 Mei.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) HM Yusuf menegaskan, perubahan jadwal pengumuman hasil Unas dibuat langsung pemerintah pusat  dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).  Ada beberapa faktor yangmenyebabkan dimajukannya jadwal pengumuman.  “Perubahan ini bukan dari kemauan kami, tapi langsung dari Kemendikbud”, kata Yusuf, Minggu (13/5).
Atas perubahan itu, pihaknya akan mengikuti sesuai yang ditetapkan.  Apalagi, katanya, ini sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat.  “Yang jelas, semua sekolah penyelenggara Unas tingkat SMA/MS/SMK se-Kotim ini sudah mengetahui adanya perubahan jadwal tersebut”, ujarnya.
Sedangkan mengenai teknis saat pengumuman hasil Unas tersebut, Yusuf menyerahkan sepenuhnya ke pihak sekolah.  Apakah sekolah akan mengumumkan hasilnya melalui papan informasi yang ada di sekolah atau menggunakan amplop yang diberikan kepada siswa.  “Mengenai teknis ini saya serahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah untuk menentukan.  Dikpora tidak mencampuri urusan itu”, tegas Yusuf

Sabtu, 05 Mei 2012

Internet Indonesia Paling Lambat Se-Asia, Ini Kata Menkominfo



Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring angkat bicara soal hasil penelitian lembaga riset dari Amerika Serikat, Akamai, yang menyebut kecepatan internet di Indonesia dinilai paling lambat se-Asia.

Menurutnya, penetapan kecepatan internet itu urusan operator, bukan pemerintah.

"Saya terima tuduhan (hasil riset) itu. Tapi seharusnya itu urusan operator, kan mereka yang berjualan. Penetapan kecepatan internet itu bukan urusan pemerintah," kata Tifatul selepas melantik pengurus baru Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Menurut Tifatul, meski bukan urusan pemerintah, Kemenkominfo tidak memiliki hak untuk memaksakan operator dalam menaikkan kecepatan internet di Tanah Air. Dengan demikian, hanya operator yang bisa menentukan kecepatan internet sekaligus tarifnya.

Namun, Kemenkominfo berjanji untuk selalu mendorong operator dalam menyediakan akses internet cepat, stabil, sekaligus murah di Tanah Air.

"Penyediaan akses internet cepat memang jadi prioritas dari program Kemenkominfo," tambahnya.

Sekadar catatan, berdasarkan data dari lembaga riset oleh Akamai, kecepatan koneksi internet rata-rata di Indonesia sekitar 772 kbps. Kecepatan koneksi internet tersebut masih jauh dari kecepatan internet di global yang mencapai 2,3 mbps.

Kecepatan koneksi internet di Indonesia juga tertinggal dengan negara-negara di kawasan Asia. Misalnya, kalah dengan Malaysia 1,7 mbps, Thailand 3 mbps, Filipina 1 mbps, Vietnam 1,5 mbps, Kamboja 1,2 mbps, dan Laos 956 kbps.

Indonesia hanya lebih baik dari Timor Leste (260 kbps) dan Papua Niugini (693 kbps). Pakistan dan India juga lebih baik dari Indonesia, masing-masing 787 kbps dan 839 kbps.

Track List: D’Bagindas – Ay D’Bagindas – Kangen D’Bagindas – Suka Sama Kamu D’Bagindas – Hidup Tapi Mati D’Bagindas – Maafkan D’Bagindas – Marhaban Ya Ramadhan D’Bagindas – Sendu D’Bagindas – Yang.No.1 free Download mp3 from www.musik-flazher.com, songs from artists, bands, musicians for free just for the review the song.Buy original the CD and use the personal dial tone NSP, RBT, I-RING for them still can work with the Update New song. DOWNLOAD D’Bagindas – Ay D’Bagindas – Kangen D’Bagindas – Suka Sama Kamu D’Bagindas – Hidup Tapi Mati D’Bagindas – Maafkan D’Bagindas – Marhaban Ya Ramadhan D’Bagindas – Sendu D’Bagindas – Yang.No.1 Incoming search terms: d\bagindas full album (138) daftar lagu dbagindas (134) lagu terbaru dbagindas 2012 (133) dbagindas terbaru 2012 (120) dbagindas religi 2011 (89) lagu dbagindas terbaru 2012 (76) lagu religi dbagindas (72) Dbagindas 2012 (60) Lagu religi bagindas (60) daftar lagu d\bagindas (58)


Track List:
D’Bagindas – Ay
D’Bagindas – Kangen
D’Bagindas – Suka Sama Kamu
D’Bagindas – Hidup Tapi Mati
D’Bagindas – Maafkan
D’Bagindas – Marhaban Ya Ramadhan
D’Bagindas – Sendu
D’Bagindas – Yang.No.1
free Download mp3 from www.musik-flazher.com, songs from artists, bands, musicians for free just for the review the song.Buy original the CD and use the personal dial tone NSP, RBT, I-RING for them still can work with the Update New song.

Incoming search terms:

  • d\bagindas full album (138)
  • daftar lagu dbagindas (134)
  • lagu terbaru dbagindas 2012 (133)
  • dbagindas terbaru 2012 (120)
  • dbagindas religi 2011 (89)
  • lagu dbagindas terbaru 2012 (76)
  • lagu religi dbagindas (72)
  • Dbagindas 2012 (60)
  • Lagu religi bagindas (60)
  • daftar lagu d\bagindas (58)

Zivilia - Aishiteru 2 (CD Rip)


Free Download Lagu Mp3 Zivilia - Aishiteru 2 (CD Rip) Gratis Only Preview. Download Mp3 Lirik Terbaru Zivilia - Aishiteru 2 (CD Rip) Do not Forget Buy Cassettes and Cd Originally from the album They To Appreciating the work of Them. Free Download Mp3 Just In XtraMusik.Com 2012


Kamis, 03 Mei 2012

Belajar Fisika (Gudang Ilmu)

Kereta api merupakan alat transportasi darat yang relatif aman dan nyaman serta dapat mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Kereta berjalan di atas rel. Pada sambungan rel kereta api terdapat sebuah celah, Mengapa harus ada celah? Celah tersebut pada malam hari lebar, sedangkan siang hari menjadi sempit karena terkena sinar matahari.

Sebagian besar zat akan memuai bila dipanaskan dan menyusut ketika didinginkan. Bila suatu zat dipanaskan (suhunya dinaikkan) maka molekul-molekulnya akan bergetar lebih cepat dan amplitudo getaran akan bertambah besar, akibatnya jarak antara molekul benda menjadi lebih besar dan terjadilah pemuaian. Pemuaian adalah bertambahnya ukuran benda akibat kenaikan suhu zat tersebut. Pemuaian dapat terjadi pada zat padat, cair, dan gas.

Pemuaian Zat Padat
Coba kamu amati bingkai kaca jendela di ruang kelasmu! Adakah bingkai jendela yang melengkung? Tahukah kamu apa sebabnya? Bingkai jendela tersebut melengkung tidak lain karena mengalami pemuaian. Pemuaian yang terjadi pada benda, sebenarnya terjadi pada seluruh bagian benda tersebut. Namun demikian, untuk mempermudah pemahaman maka pemuaian dibedakan tiga macam, yaitu pemuaian panjang, pemuaian luas, dan pemuaian volume.

1. Pemuaian Panjang
Pernahkah kamu mengamati kabel jaringan listrik pada pagi hari dan siang hari? Kabel jaringan akan tampak kencang pada pagi hari dan tampak kendor pada siang hari. Kabel tersebut mengalami pemuaian panjang akibat terkena panas sinar matahari. Alat yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian panjang berbagai jenis zat padat adalah musschenbroek. Pemuaian panjang suatu benda dipengaruhi oleh panjang mula-mula benda, besar kenaikan suhu, dan tergantung dari jenis benda.
Alat Musschenbroek
Besarnya panjang logam setelah dipanaskan adalah sebesar
Besarnya panjang zat padat untuk setiap kenaikan 1ºC pada zat sepanjang 1 m disebut koefisien muai panjang (α). Hubungan antara panjang benda, suhu, dan koefisien muai panjang dinyatakan dengan persamaan
Keterangan:
L = Panjang akhir (m)
L0 = Panjang mula-mula (m)
ΔL = Pertambahan panjang (m)
α = Koefisien muai panjang (/ºC)
Δt = kenaikan suhu (ºC)
Beberapa Koefisien Muai Panjang Benda

2. Pemuaian Luas
Jika yang dipanaskan adalah suatu lempeng atau plat tipis maka plat tersebut akan mengalami pemuaian pada panjang dan lebarnya. Dengan demikian lempeng akan mengalami pemuaian luas atau pemuaian bidang. Pertambahan luas zat padat untuk setiap kenaikan 1ºC pada zat seluas 1 m^2 disebut koefisien muai luas (β). Hubungan antara luas benda, pertambahan luas suhu, dan koefisien muai luas suatu zat adalah
Keterangan:
A = Luas akhir (m2)
Δ0 = Pertambahan luas (m2)
A0 = Luas mula-mula (m2)
β = Koefisien muai luas zat (/º C)
Δt = Kenaikan suhu (ºC)

Besarnya β dapat dinyatakan dalam persamaan berikut.

3. Pemuaian Volume
Jika suatu balok mula-mula memiliki panjang P0, lebar L0, dan tinggi h0 dipanaskan hingga suhunya bertambah Δt, maka berdasarkan pada pemikiran muai panjang dan luas diperoleh harga volume balok tersebut sebesar
dimana

Keterangan:
V = Volume akhir (m^3)
V0 = Volume mula-mula (m^3)
ΔV = Pertambahan volume (m^3)
γ = Koefisien muai volume (/ºC)
Δt = Kenaikan suhu (ºC)


Pemuaian Zat Cair
Pada zat cair tidak melibatkan muai panjang ataupun muai luas, tetapi hanya dikenal muai ruang atau muai volume saja. Semakin tinggi suhu yang diberikan pada zat cair itu maka semakin besar muai volumenya. Pemuaian zat cair untuk masing-masing jenis zat cair berbeda-beda, akibatnya walaupun mula-mula volume zat cair sama tetapi setelah dipanaskan volumenya menjadi berbeda-beda. Pemuaian volume zat cair terkait dengan pemuaian tekanan karena peningkatan suhu. Titik pertemuan antara wujud cair, padat dan gas disebut titik tripel.
Anomali Air
Khusus untuk air, pada kenaikan suhu dari 0º C sampai 4º C volumenya tidak bertambah, akan tetapi justru menyusut. Pengecualian ini disebut dengan anomali air. Oleh karena itu, pada suhu 4ºC air mempunyai volume terendah. Hubungan volume dengan suhu pada air dapat digambarkan pada grafik berikut.
Pada suhu 4ºC, air menempati posisi terkecil sehingga pada suhu itu air memiliki massa jenis terbesar. Jadi air bila suhunya dinaikkan dari 0ºC – 4ºC akan menyusut, dan bila suhunya dinaikkan dari 4ºC ke atas akan memuai. Biasanya pada setiap benda bila suhunya bertambah pasti mengalami pemuaian. Peristiwa yang terjadi pada air itu disebut anomali air. Hal yang sama juga terjadi pada bismuth dengan suhu yang berbeda. Lakukan kegiatan berikut untuk menyelidiki kecepatan pemuaian pada berbagai macam zat cair.


Pemuaian pada Gas
Mungkin kamu pernah menyaksikan mobil atau motor yang sedang melaju di jalan tiba-tiba bannya meletus?. Ban mobil tersebut meletus karena terjadi pemuaian udara atau gas di dalam ban. Pemuaian tersebut terjadi karena adanya kenaikan suhu udara di ban mobil akibat gesekan roda dengan aspal.

Pemuaian pada gas adalah pemuaian volume yang dirumuskan sebagai
γ adalah koefisien muai volume. Nilai γ sama untuk semua gas, yaitu 1/273 ºC^-1

Pemuaian gas dibedakan tiga macam, yaitu:
a. pemuaian gas pada suhu tetap (isotermal),
b. pemuaian gas pada tekanan tetap (isobar), dan
c. pemuaian gas pada volume tetap (isokhorik).

1. Pemuaian Gas pada Suhu Tetap (Isotermal)
Pernahkah kalian memompa ban dengan pompa manual. Apa yang kalian rasakan ketika baru pertama kali menekan pompa tersebut? Apa yang kalian rasakan ketika kalian menekannya lebih jauh? Awalnya mungkin terasa ringan. Namun, lama kelamaan menjadi berat. Hal ini karena ketika kita menekan pompa, itu berarti volume gas tersebut mengecil. Pemuaian gas pada suhu tetap berlaku hukum Boyle, yaitu gas di dalam ruang tertutup yang suhunya dijaga tetap, maka hasil kali tekanan dan volume gas adalah tetap. Dirumuskan sebagai:
Keterangan:
P = tekanan gas (atm)
V = volume gas (L)

2. Pemuaian Gas pada Tekanan Tetap (Isobar)
Pemuaian gas pada tekanan tetap berlaku hukum Gay Lussac, yaitu gas di dalam ruang tertutup dengan tekanan dijaga tetap, maka volume gas sebanding dengan suhu mutlak gas. Dalam bentuk persamaan dapat dituliskan sebagai:
Keterangan:
V = volume (L)
T = suhu (K)

3. Pemuaian Gas Pada Volume Tetap (Isokhorik)
Pemuaian gas pada volume tetap berlaku hukum Boyle-Gay Lussac, yaitu jika volume gas di dalam ruang tertutup dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu mutlaknya. Hukum Boyle-Gay Lussac dirumuskan sebagai
Dengan menggabungkan hukum boyle dan hukum Gay Lussac diperoleh persamaan
Keterangan:
P = tekanan (atm)
V = volume (L)
T = suhu (K)



Latihan Yuk!!
1.     Batang logam panjangnya 300 cm dipanaskan dari 25ºC hingga 225ºC mengalami pertambahan panjang sebesar 0,6 cm. Berapa pertambahan batang logam yang sama dengan panjang 200 cm dan dipanaskan dari 20ºC hingga suhu 320ºC
2.     Sekeping aluminium panjangnya 40 cm dan lebarnya 30 cm dipanaskan dari 40ºC sampai 140ºC. Jika koefisien muai panjang aluminium adalah 2,5 x 10^-5 /º C, berapakah luas keping aluminium setelah dipanaskan?
3.     Besi berbentuk kubus pada suhu 20ºC memiliki panjang rusuk 10 cm. Kubus tersebut dipanaskan hingga suhu 220ºC. Berapa volume kubus pada suhu 220ºC jika koefisien muai panjang besi 1,2 x 10^5/ºC?
4.     Jelaskan pengertian anomali air!
5.     Apa yang dimaksud dengan titik tripel dan titik kritis?
6.     Sebutkan tiga contoh pemanfaatan prinsip pemuaian zat cair dalam kehidupan sehari-hari!
7.     Suatu gas suhunya 27ºC dipanaskan pada tekanan tetap. Berapa suhu gas tersebut saat volume gas menjadi 3 kali volume semula?
8.     Gas di dalam ruang tertutup pada suhu 27ºC dan tekanan 2 atm memiliki volume 2,4 L. Berapa volume gas tersebut pada suhu 227ºC dan tekanan 3 atm?
9.     Sejumlah gas dengan volume 4 L pada tekanan 1,5 atm dan suhunya 27ºC. Kemudian gas tersebut dipanaskan hingga suhunya 47ºC dan volumenya 3,2 L. Berapakah tekanan gas setelah dipanaskan?